Páginas

Jumat, 07 September 2012

MAGNET

(sumber gambar : sinequanonthebook.com)  

Taukah kamu magnet alam itu adalah beji besi dalam bentuk yang tidak teratur dan lemah.Selain magnet alam ada juga magnet buatan,Magnet buatan adalah besi atau baja yang bersifat magnetik jika digosok dengan magnet.Mangnet buatan ini memiliki bentuk dan kekeuatan yang di inginkan.Contoh:digosok,induksi,dan dialiri listrik.Bentuk magnet buatan bisa berupa batang,ladam,dan cincin.
    







Sifat-sifat magnet adalah sebagai berikut:
  1. Sebuah magnet menarik bahan magnetik seperti besi,baja, kobalt,dan nikel.Pada kutub magnet terdapat tarikan maksimum.
  2. Magnet selalu dalam arah utara - selatan.
  3. magnet yang mengarah ke utara geografis disebut kutub utara (N) sedangkan magnet yang mengarah keselatan geografis disebut kutub selatan (S).
  4. Kutub magnet selalu berpasangan.


Kita ketahui bersama,jarum kompas selalu menunjuk kearah utara,dan selalu searah dengan gaya garis magnetik. Agar ini terjadi,garis gaya magnetik haruslah keluar dari kutub selatan geografi dan masuk ke kutub utara geografi.


Pada kenyataannya kutub-kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub-kutub geografi. Sehingga menyebabkan jarum kompas tidak tepat benar menunjukan arah utara dan selatan geografi, tetapi sedikit menyimpang.


Deklinasi merupakan sudut yang dibentuk antara arah utara dan selatan dan geografi dengan arah utara -selatan kompas. Besar sudut deklinasi berbeda-beda sesuai dengan letak suatu tempat di permukaan bumi.Besar sudut deklinasi juga berbeda-beda dari tahun ke tahun.


Inklinasi merupakan sudut yang dibentuk oleh medan magnetik disembarang titik dengan arah horisontal permukaan bumi.Sudut inklinasi di ekuator magnet bumi adalah 0 derajat, sebab medan magnetik di ekuator berarah horisontal.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.