Páginas

Sabtu, 22 September 2012

KOREKSI UDARA BEBAS (FREE AIR CORRECTION)

Dalam menjelaskan suatu variasi percepatan gravitasi yang telah diamati terkait dengan variasi elevasi, maka digabungkan suatu koreksi yang biasa dikenal dengan Koreksi Udara Bebas (Free Air Correction). Dalam menerapkan koreksi ini, nilai gravitasi yang diamati dikonversi dengan asumsi bahwa pengukuran dilakukan dengan ketinggian yang sama, dengan demikian semakin mengisolasi komponen geologi medan gravitasi.

Percepatan gravitasi yang telah diamati dipermukaan bumi bervariasi kira-kira sekitar - 0,3086 mgal per meter terhadap ketinggian. tanda minus (-) berarti bahwa dengan meningkatnya elevasi maka terjadi penurunan percepatan gravitasi yang diamati.

Untuk mengaplikasikan koreksi elevasi gravitasi yang diamati maka perlu kita mengetahui elevasi disetiap titik pengamatan karena dengan diketahuinya elevasi disetiap titik pengamatan maka dapat dikoreksi semua nilai pembacaan gravitasi yang diamati terhadap ketinggian dari permukaan laut dengan menambahkan -0,3086 kali elevasi stasiun dalam meter untuk masing - masing pembacaan.

Jika presisi yang diperlukan sebesar 0,01 mgal dan ketinggian relatif stasiun sekitar 3 cm. untuk memperoleh presisi seperti ini harus melakukan survei lokasi yang sangat teliti dilakukan. Bahkan salah satu biaya utama survei gravitasi presisi tinggi adalah memperoleh ketinggian relatif yang diperlukan untuk menghitung koreksi udara bebas.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.