Páginas

Kamis, 30 Agustus 2012

tahukah kamu (Magnet Bumi)

fgservices1947.wordpress.com
Tahukah kamu

Magnet bumi ternyata disiplin ilmu yang  sangat tua dalam geofisika dalam mempelajari variasi medan magnet bumi terhadap ruang dan waktu.

Tahukah kamu

Sekitar tahun 1000 sejarah magnet bumi dimulai dengan penemuan kompas magnetik di Cina dan studi magnet bumi itu sendiri dimulai pada tahun 1600 oleh William Gilbert dalam bukunya "De Magnete".

Tahukah kamu

ada 3 (tiga) bahan berdasarkan sifat magnetik yang ditunjukan oleh suseptibilitas magnetiknya :

  1. Bahan Diamagnetik : Bahan batuan atau mineral yang resultan medan magnet atomis/molekul adalah 0. Suseptibilitas negatif atau harga (k) negatif dan kecil. Contohnya :tembaga, seng, emas, garam, perak, marmer, grafit, bismuth.
  2. Bahan Paramagnetik : Bahan batuan atau mineral yang resultan medan magnet atomis/molekul adalah tidak 0. Suseptibilitas positif atau harga (k) negatif dan kecil. Contohnya :  platina, kayu ,magnesium, wolfram, alumunium.
  3. Bahan Ferromagnetik : bahan batuan atau mineral yang resultan medan magnetik atomis/molekul yang besar.suseptibitas positif atau harga (k) positif dan besar sekitar 106 kali dari diamagnetik atau paramagnetik. contohnya : besi, nikel, besi silikon, kobalt, baja.

Tahu kah kamu

meadan magnet bumi itu di bagi tiga bagian :
  1. Medan magnet luar,yaitu medan magnet yang di pengaruhi dari pengaruh luar bumi yang merupakan hasil ionisasi di atmosfer yanng disebabkan sinar ultra violet dari matahari.
  2. Medan magnet lokal, yaitu medan magnet yang di pengaruhi oleh batuan sekitarnya di kulit bumi yang bersifat magnetik.
  3. Medan magnet utama, yaitu medan magnet yang memiliki pengaruh variasinya terhadap waktu yang sangat lambat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.