Páginas

Selasa, 30 April 2013

GPS

Global Positioning System atau yang biasa disebut GPS sebuah alat yang dapat menentukan koordinat baik itu koordinat lintang, bujur maupun ketinggian dari posisi suatu benda di bumi. dengan dukungan 24 satelit yang berada di ketinggian sekitar 11.000 mill diatas bumi yang terbagi menjadi 6 bidang orbit yang berbeda-beda dimana tiap orbit terdapat 4 satelit sehingga dapat mendukung sistem dari GPS itu sendiri yang dapat memberikan data koordinat global.


GPS dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh siapa saja secara gratis dengan menggunakan atau memiliki alat GPS receiver. Awalnya GPS digunakan pada dunia militer dan GPS ini sudah menjadi standar untuk digunakan pada bidang penerbangan dan pelayaran di dunia bahkan kita bisa menggunakan atau memanfaatkan kebutuhan kita sendiri.

Fungsi dari GPS itu sendiri secara umum mempunyai fungsi sebagai navigasi sehingga memudahkan kita untuk mencari lokasi tujuan karena dapat memberikan informasi berupa jarak daerah tujuan, informasi koordinat kita berada, memberikan panduan tempat-tempat menarik yang ditandai sebagai Point Of Interest atau POI, ketinggian, waktu, kecepatan, arah dengan bantuan compas, koordinat pada proyeksi peta, dapat menyimpan 1000 titik koordinat, dapat menyimpan data track sebanyak 20 tracks secara otomatis, dan dapat menandai titik lokasi survey.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.